Prof Dr Runtung Sitepu, “Saya Kenal Iwan Depari Sejak Mahasiswa dan Tahu Integritasnya”

0
294
views
Rektor USU foto bersama sejumlah tokoh Karo di antaranya Iwan S Depari seusai pertemuan di Biro Rektor USU.
Masyarakat Karo harus belajar dari pengalaman yang sudah ada. Dalam memilih pemimpin harus melihat visi dan misi calon.
Hal itu dikatakan Prof. Dr. Runtung Sitepu yang merupakan Rektor USU saat bertemu dengan sejumlah tokoh Karo di Biro Rektor USU, beberapa waktu lalu. Dalam memilih pemimpin sebutnya, masyarakat harus bijak dan tidak mudah terpengaruh money politics (Politik Uang). Calon yang gampang menyebar duit, bila terpilih diyakini prioritas utamanya bukan membangun daerahnya, tapi mengembalikan uang yang telah dikeluarkannya.

Pilkada Ula Ban Bagi Ngketep Lacina

Runtung membandingkannya dengan filosofi yang ada di masyarakat Karo “Pilkada ula ban bagi ngketep lacina (Pilkada jangan buat seperti makan cabai)”. Maksudnya, bila kita makan cabai efek pedasnya langsung terasa. Demikian juga saat Pilkada, bila terpengaruh money politics, masyarakat tidak akan bisa menuntut pembangunan kepada bupati terpilih karena sebelumnya telah menerima uangnya. Akibatnya, masyarakat sangat dirugikan karena pembangunan stagnan.
Perbandingan lain yang dibuat Runtung, ibarat menanam sayur bayam, walau cepat panen tidak akan bisa mendatangkan kekayaan dalam sekejap. Bila menanam durian, walau panennya cukup lama tapi bisa menghasilkan uang yang cukup besar, dan bisa berkelanjutan untuk anak cucu.
“Demikian juga dalam pembangunan, perlu kepala daerah yang memang berniat membangun daerahnya. Membangun secara perlahan dan terprogram hingga menghasilkan kesejahteraan bagi warganya. Karena itu masyarakat perlu melihat visi misi calon kepala daerahnya. Kalau menebar uang, jangan harap akan ada pembangunan,” katanya.

Kenal Iwan Depari Sejak Mahasiswa

Pada kesempatan itu, Runtung juga menyatakan keyakinannya terhadap kapabilitas Iwan S. Depari yang merupakan kader PDIP bila ingin maju sebagai calon kepala daerah Karo.
“Melihat perhatian dan aksinya selama ini terhadap Karo, tidak diragukan lagi. Kita dukung keinginan Iwan. Saya mengenal Iwan Depari sejak mahasiswa dan tahu integritasnya dalam banyak hal, dan kami adalah penerima bea siswa di Fakultas Hukum USU selama bertahun-tahun,” sebutnya.

Hadir dalam pertemuan itu Iwan S Depari, Abdi Nur Ginting, Aksi Bangun, Persada Sembiring dan Wasied I Ginting.

Sumber, Harian SIB.

Tinggalkan Balasan