Meramal Debat Cawapres 17 Maret 2019, Guru Ma’ruf Amin Vs Konglomerat Sandiaga Uno

0
118
views

DDC, Jakarta – Dari 5 babak debat yang direncanakan KPU, tak terasa sudah 2 babak terlaksana. Kedua babak itu jelas memperlihatkan keunggulan mutlak pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin atas pasangan Prabowo-Sandi.

Sesuai jadwal KPU, debat ketiga nanti adalah Debat Cawapres, yang bertema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya, dan akan digelar pada 17 Maret 2019.

Di babak ketiga nanti, tentu akan sangat menarik karena hanya mempertemukan kedua Cawapres, Prof. Dr. K.H Ma’ruf Amin Vs Sandiaga Uno. Selain perbedaan usia diantara keduanya, perbedaan pengalaman hidup juga tentu akan menambah menariknya debat tersebut. Ibarat debat antara seorang Guru agama dari desa melawan seorang Konglomerat/Taipan kaya raya.

Prof. Dr. K.H Ma’ruf Amin, 75 tahun, adalah seorang tokoh Banten/Sunda serta cendikiawan muslim, bahkan menjadi ketua MUI, sebelumnya pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia juga berpengalaman sebagai guru, dosen, pendakwah serta Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan dan Yayasan Al-Jihad. Ia juga sarat pengalaman sebagai anggota legislatif dari DPRD DKI hingga anggota MPR, serta dalam dunia organisasi (Ansor, NU, Basis, PPP, PKB, PBNU, MUI, dll).
 
Sementara itu Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, 49 tahun kelahiran Riau adalah pengusaha dan politikus yang pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, dan Pembicara di acara seminar-seminar khususnya terkait kewirausahaan. Sandiaga Uno yang berdarah Gorontalo ini juga pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), salah satu ketua bidang di Kadin, dan memiliki beberapa perusahaan yang membuat dirinya dinobatkan sebagai orang terkaya peringkat 29 se-Indonesia pada 2009 versi majalah Forbes dengan kekayaan US$ 400 juta. Sandi mengenyam pendidikan di Wichita State University, dan George Washington University, Amerika.
 
Dari latar belakang keduanya itu, tentu kita bisa meramalkan bagaimana debat antara keduanya nanti. Antara KH. Ma’ruf Amin yang sarat pengalaman di bidang pendidikan, organisasi dan keagamaan, dengan Sandiaga Uno yang dominan di bidang bisnis bahkan seorang konglomerat. Dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya, maka ijinkan saya meramalkan :
 
1. Bidang Pendidikan dan Budaya akan jadi makanan empuk KH. Ma’ruf amin.
2. Sedangkan bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan, belum tentu menjadi milik Sandiaga Uno.
 

KH Ma’ruf Amin bisa dipastikan akan mendominasi bidang Pendidikan dan Budaya karena ia memang sudah sangat berpengalaman di bidang itu. Apalagi jika membahas pendidikan agama. Oh ya, terlebih KH. Ma’ruf Amin juga telah menuliskan beberapa buku, seperti buku “Fatwa Dalam Sistem Hukum Islam” misalnya. Sedangkan Sandy, kiprahnya di dunia pendidikan masih sangat tak jelas, selain hanya menjadi pembicara di seminar-seminar terkait bisnis saja.

 
Dalam bidang Kesehatan kemungkinan akan terjadi saling berbagi poin antara keduanya. Mengingat bahwa keduanya sama-sama tak berlatar belakang itu. Begitu juga dengan bidang Ketenagakerjaan. Sandy sangat mungkin menggiring debat di bidang ini ke ranah dunia bisnis hari ini yang terkait erat dengan IT, Unicorn, ecommerce dan sejenisnya, apalagi ia adalah seorang Boss atau Konglomerat yang memiliki ribuan karyawan terkait bidang tersebut.
 

Dari ramalan atau prediksi di atas, maka bisa kita ramalkan skornya antara 3-1 untuk kemenangan Ma’ruf Amin, atau 2-2 (Draw), atau bahkan 4-O untuk kemenangan Ma’ruf Amin. Asalkan saja di bidang ketenagakerjaan, KH. Ma’ruf Amin bisa menggiring ke arah ekonomi syariah, dan tidak terpancing ke ranah ekonomi yang terkait revolusi 4.0.

 

Begitu pun ada peluang bagus Pak KH Ma’ruf Amin untuk unggul di bidang kesehatan dan bisa mencuri poin dari situ, karena jelas ia sangat sehat di usianya itu, masih sanggup untuk bersaing dalam kontestasi Pemilu 2019 ini yang begitu melelahkan, bahkan masih mampu berdebat melawan anak muda seperti Sandy. Kesehatannya itu adl fakta nyata, sedangkan Sandy, apakah masih sehat di usia 75 tahun nanti? Tentu itu masih membutuhkan ramalan berikutnya.

Menurut ramalan anda, debat antara seorang Guru Ma’ruf Amin Vs Konglomerat/Taipan Sandiaga Uno ini, siapakah yang akan unggul? (DDC, Igan)

Tinggalkan Balasan