Mahfud MD, “Reuni 212 Bernuansa Politik Bukan Ukuran Keimanan”

0
216
views
Mahfud MD, "Reuni 212 Bernuansa Politik Bukan Ukuran Keimanan"

DDC, Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof. Mahfud MD, angkat bicara soal reuni 212 yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (2/12/2018). Menurut Mahfud MD, ukuran keimanan seseorang tidak bisa ditentukan dari hadir atau tidaknya di acara tersebut, yang bahkan menurutnya cenderung bernuansa politis.

Pernyataan itu disampaikan Mahfud MD melalui akun Twitternya, pada Minggu (2/12/2018). Pernyataan tersebut merupakan tanggapan Mahfud MD dari netizen yang mengatakan bahwa yang datang di acara reuni 212 digerakkan oleh keimanan.

Mahfud MD tidak sepakat dengan pernyataan netizen tersebut yang dianggap terlalu menggeneralisir. Secara tegas ia menyampaikan, bahwa acara reuni 212 tersebut bukan persoalan iman.

“Hadir ke Reuni 212 bukan ukuran keimanan. Saya yakin banyak yang tidak hadir di sana imannya lebih kuat dan lebih paham urusan agama daripada umumnya yang hadir. Sebaliknya banyak juga yang hadir di sana imannya tak lebih kuat. Jadi tak bisa digebyah-uyah sesederhana itu. 212 bukan soal iman,” kicau Mahfud.

Mahfud juga mengatakan bahwa di negara demokrasi, tak ada yang boleh memaksa atau melarang seseorang untuk ikut atau tidak mengikuti sebuah acara.

“Terserah Anda saja. Coba baca, saya hanya menjawab Sukman yang mengaitkan iman dgn kehadiran di Reuni 212. Mau hadir atau tidak, tak usah dikaitkan dengan iman. Mau hadir, boleh. Mau tak hadir juga boleh. Ini soal demokrasi, tak boleh ada yang memaksa atau melarang,” imbuh Mahfud MD. (DDC, Igan)

Tinggalkan Balasan