Terinspirasi Gempa di Palu, Dua Siswa MTs Desa ini Ciptakan ATM Pembagi Sembako

0
186
views
Terinspirasi Gempa di Palu, Dua Siswa MTs Desa ini Ciptakan ATM Pembagi Sembako

DDC, Jateng – Bencana Gempa bumi yang disusul tsunami di Palu ternyata menghasilkan ide dan karya luar biasa pada dua siswa MTSN 8 Sragen di Kalijambe. Menyaksikan ricuhnya pembagian bantuan bahan pokok, dua siswa ini membuat ATM (Automatic Teller Machine) pembagi Sembako.

Keduanya, Dicky Surya Atmaja (13) kelas VIII dan Haya Nur Fadhila (12) kelas VII, dua anak desa yang inovatif. Karya mereka ini kemudian diikutkan dalam Kompetisi Robotika Nasional 2018 yang digelar di Depok Town Square, Depok, Jawa Barat, dan berhasil menjadi juara 2.

“Bangga mas bisa jadi juara di nasional,” kata Dicky didampingi Haya, Sabtu, 10 November 2018 sebagaimana dilansir dari Joglosemarnews.com.

The Best Technology

Bukan hanya juara 2, namun mereka pun terpilih sebagai The Best Technology dalam ajang nasional itu. Ide merancang mesin ATM pembagi sembako itu muncul saat melihat tayangan televisi yang memberitakan kericuhan pembagian bantuan untuk korban gempa Palu beberapa waktu lalu.

“Ngeri. Banyak yang dorong-dorongan, bahkan terjadi penjarahan karena bantuan tak tersalur merata,” kata Dicky.

Dengan mesin ATM sembako karya mereka ini, pemerintah hanya perlu menyediakan kartu chip kepada warga korban bencana dan semua bantuan sembako tinggal diisikan ke dalam mesin ATM.

“Warga tinggal menempelkan kartu chip ke bagian sembako yang ia inginkan. Kalau ke mi instan ya ditempelkan maka akan keluar mi instan. Kalau air mineral ya akan keluar air mineralnya,” kata Haya menimpali.

Dengan demikian bantuan bisa terdistribusi lebih merata.

“Karena nggak ada yang bisa mengambil berulang. Jadi gempa palu-donggala kemarin hanya pemicu ide. Selebihnya bisa dibuat yang bersifat mobile,” pungkas Dicky. (DDC, Igan)

Tinggalkan Balasan