Selewengkan PTSL Oknum Kades Kawengan-Blora Diciduk Saber Pungli

0
443
views
Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

DDC, Jateng – Sunarto, kepala desa Kawengan, Kecamatan Jepon, Blora ditangkap Tim Saber Pungli Blora. Ia diduga melakukan pungutan liar (pungli) pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018.

Kasatreskrim Polres Blora AKP Heri Dwi Utomo menjelaskan, Sunarto ditangkap di ruang kerjanya, di Balai Desa Kawengan pada Jumat (10/8/18). Dari tangan pelaku, petugas pun menyita uang senilai Rp 40 juta yang diduga hasil pungli.

Informasi dari Laporan Masyarakat

“Kita dapat laporan masyarakat yang mengeluhkan tindakan pungutan liar yang dilakukan oleh yang bersangkutan. Setelah kami selidiki ternyata benar, maka langsung kami lakukan penangkapan,” terang Heri dalam keterangan persnya, Senin (13/8/18).

Dalam program PTSL ini pihak desa dan masyarakat setempat sepakat untuk melakukan iuran sebesar Rp 250 ribu untuk pengurusan sertifikat. Tapi dalam prosesnya, Sunarto meminta uang tambahan sebesar Rp 200 ribu dan masuk ke kantong pribadinya.

“Jadi masyarakat membayar untuk pengurusan program itu senilai Rp 450 ribu. Padahal yang disepakati Rp 250 ribu, sedangkan tambahan Rp 200 ribu itu inisiatif kades sendiri,” jelasnya.

Kades Sunarto kini diamankan di ruang tahanan Mapolres Blora guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Kita masih dalami, ada atau tidaknya pelaku lain dalam kasus ini,” ujar Heri. (DDC, Igan)

Tinggalkan Balasan