FPB Dampingi Pemilih Difabel di PILGUB Jateng 2018

0
408
views
Anggota FPB Mendampingi Bapak Sawali dari Rumah Menuju TPS, Pada Pilgub Jateng 2018

Daulatdesa.com, Pekalongan – Forum Pelajar Berintegritas (FPB) Kota Pekalongan mengadakan Kegiatan Pendampingan bagi Pemilih Difabel untuk mensukseskan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 serta mendorong partisipasi publik di Kota Pekalongan.

Menariknya forum yang didirikan pada tanggal 28 Januari 2018 ini terdiri dari anak-anak SMA, SMK dan MA yang menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS di Sekolah Masing-Masing. Forum ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 2018 oleh Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Ida Budhiarti.

FPB bertekad agar angka partisipasi Pemilihan naik dari Pilgub tahun 2013 lalu yang sebesar 47,45%, dan berdasarkan hasil Real Count yang dilakukan KPU Kota Pekalongan angka partisipasi di Pilgub Jateng 2018 naik menjadi 62,4%.

Inisiator Pendiri FPB, Fajar Randi  yang juga anggota PPK Pekalongan Timur mengatakan bahwa Rendahnya partisipasi difabel perlu menjadi perhatian khusus. Sebagai catatan untuk Pilwalkot 2015 di Kelurahan Noyontaansari dari 24 Jumlah Pemilih Difabel hanya 3 yang menggunakan hak pilihnya.

Salah satu anggota FPB Mochamad Yusuf yang mendampingi seorang difabel, Bapak Sawali, di TPS 14 Kelurahan Noyontaansari menuturkan bahwa ia merasa senang akan program tersebut karena memberikan hal positif dalam demokrasi khususnya di Pilgub Jateng 2018 ini.

“Saya merasa senang dengan program ini karena selain menambah pengalaman juga anak-anak muda bisa terlibat langsung untuk memantau keadaan TPS, serta yang terpenting adalah bisa bermanfaat bagi orang lain dalam hal ini membantu kaum difabel menggunakan hak pilihnya,” terang Moch. Yusuf.

Pak Sawali juga mengucapkan terima kasihnya atas kegiatan pendampingan tersebut, yang baru pertama kalinya diadakan di kota Pekalongan. Walaupun belum semua pemilih difabel berkenan untuk didampingi, ini menjadi tantangan yang harus kita pikirkan di pemilu ke depan nanti. (DDC-Igan)

Penulis, Fajar Randi Yogananda, Aktivis GMNI Pekalongan

Tinggalkan Balasan