Agama dan Budaya Jadi Pondasi bagi Pembentukan Karakter Peradaban Bangsa

0
473
views

Daulatdesa.com, Jakarta – Indonesia merupakan Negara Bangsa yang lahir dari gugus ribuan pulau dengan ratusan Adat Budayanya yang tersebar di hampir 75.000-an desa.

Negeri Bangsa ini sepakat menggunakan konsep Demokrasi dalam penyelenggaraan kedaulatannya yang berbentuk Republik.

Namun sampai saat ini, praktek berdemokrasi di Indonesia masih belum berada pada kondisi yang sedemikian rupa hadir sebagai panduan bersama mencapai tujuan bernegara sebagaimana dimaksud dalam pembukaan UUD NRI 1945.

Fenomena yang terasa belakangan ini adalah menguatnya kecenderungan perbenturan antara pemahaman dan praktek beragama dengan berbudaya. Padahal salah satu wujud identitas suatu negara adalah kelangsungan peradaban bangsa dari negara itu sendiri.

Niscaya jika konsep beragama dan berbudaya mulai disemai sebagai pertentangan bahkan dibenturkan, maka hal ini dengan sendirinya merupakan ancaman bagi kelangsungan negara yang merupakan rumah bersama bagi para penghuninya.

Sesungguhnya, agama hadir memberikan roh kemuliaan dan keagungan dalam budaya. Sedangkan budaya tanpa agama pasti akan kehilangan arah. Maka, sangat tidak bijak apabila membenturkan agama dan budaya.

Baik agama maupun budaya telah menjadi bahan pokok dari racikan pembentukan karakter bangsa. Agama menjadi semakin lestari di bumi nusantara karena mampu merawat budaya. Dan budaya semakin beradab dengan masuknya nilai-nilai agama.

Dan pada gilirannya, semua akan terpelihara dalam tulisan yang bersamaan dengan bacaan yang mengilhami pengetahuan bagi sesama penghuni rumah bersama Indonesia.

Dalam kehidupan saat ini, Sistem Informasi telah menjadi pengetahuan sekaligus sarana hidup bersama yang niscaya hadir melengkapi karakter peradaban bangsa Indonesia dalam berbudaya dan beragama.

Salam Nusantara
Salam Pancasila
🇲🇨🇲🇨🇲🇨
oleh
Charles H. M. Siahaan, SH. (DDC-Igan)

Tinggalkan Balasan