KPUD Jabar Siapkan Template Braille dan Pendamping Bagi 50 Ribu Pemilih Disabilitas

0
211
views

Daulatdesa.com, Bandung – Untuk memaksimalkan partisipasi dari pemilih disabilitas, KPUD Jabar menyiapkan beberapa alat bantu untuk para pemilih yang memiliki keterbatasan itu. Dari data KPU, pemilih penyandang disabilitas di Jabar sejumlah sekitar 50 ribu pemilih.

Endun Andul Haq, Komisioner Divisi Teknis mengatakan KPU akan membantu pemilih disabilitas dengan menyediakan dua fasilitas, yaitu template braille dan pendampamping di TPS.

“Kita persiapkan template untuk disabilitas, alat template dan braille,” kata Endun di Kantor KPUD Jabar, Jumat (20/4/2018).

Untuk pembantu di TPS, KPUD Jabar juga sudah mempersiapkan sumber daya untuk dilatih agar dapat membantu dengan tepat saat hari pemilihan nanti.

Selain itu KPU juga memetakan pembuatan kotak suara khusus bagi para penyandang disabilitas. Karena tidak semua TPS memerlukan kotak suara khusus.

“Seting TPS juga harus tepat, aksesnya bagaimana, tinggi kotak suaranya, hal-hal yang memprioritaskan disabilitas seperti itu yang sedang kita petakan,” terang Endun. (DD-Igan)

Tinggalkan Balasan